8/01/2007

PROJECT ATAU SKRIPSI = BINGUNG....

Sebetulnya sudah lama sekali saya ingin menulis topik mengenai skripsi dan project ini. Entah kenapa topik ini menarik perhatian saya. Barangkali karena melihat fenomena yang ada di kalangan mahasiswa yang beranggapan bahwa skripsi hanya sekedar syarat untuk lulus dan mendapat gelar kesarjanaan derajat strata satu, atau mungkin kebetulan saya diminta untuk membuat modul kuliah mengenai MP atau mungkin melihat antusiasisme mahasiswa dalam melakukan penelitian sanagat minim?. Apakah betul bahwa skripsi ini hanya sekedar formalitas ? Tidak bolehkah kita sedikit mempunyai idealisme dalam membuat skripsi ato apa lah namanya ?

Mahasiswa jaman sekarang memang canggih-canggih. Tanyalah apa saja kepada mereka mengenai istilah teknologi, pasti mereka bisa menjawabnya. Namun sayang kecanggihan tersebut membuat mereka melupakan bahwa dalam dunia pendidikan tidak hanya kepintaran dan kecanggihan saja yang diperlukan. Minat mahasiswa dalam bidang penelitian masih sangat kurang (kalo ditanya berapa % kah jumlahnya saya juga belum tau he.he.he) ini hanya hipotesa saya saja lho (melalui observasi dan wawancara). Mudah-mudahan hipotesa saya salah !!

Pendidikan dan penelitian adalah 2 hal yang mempunyai korelasi positif. Mungkin kita masih ingat dengan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Penelitian masuk dalam salah satunya. Untuk mengakomodir keperluan penelitian tersebut maka dibuatlah syarat untuk menyelesaikan studi melalui Skripsi, Tesis bahkan Disertasi. Jadi bisa disimpulkan (tolong dibetulkan kalo saya salah ya?) bahwa Skripsi, Tesis dan Disertasi merupakan suatu bentuk laporan yang diperoleh dari hasil penelitian......

Hal inilah yang akhirnya membuat mahasiswa lebih memilih PROJECT ketimbang SKRIPSI. Berbagai alasan dikemukakan, yang sulit lah, ngga praktis lah, repot dan ribet lah atau waktunya kurang dan lain lain... Oke ngga masalah lah jika mereka lebih memilih PROJECT ketimbang SKRIPSI. Setidaknya mereka cukup sadar diri bahwa yang mereka pilih adalah PROJECT. Tapi ternyata ada yang lebih parah lagi, mengerjakan PROJECT tapi mengaku dan memaksa untuk disebut sebagai SKRIPSI. Pusiiiiiing !@?%*

Itu baru masalah pertama. Masalah yang kedua adalah bagaimana penerapan SKRIPSI pada jurusan Teknologi Informasi atau Sistem Informasi atau yang terkait bidang teknologi dan komputer (selain sosial, ekonomi dan hukum)???! Karena rata-rata mahasiswa dari jurusan ini membuat suatu desain ato rancangan yang akhirnya kita sebut sebagai PROJECT. Kalo memang SKRIPSI betul-betul ingin diterapkan secara benar dan idealis pada jurusan ini bagaimanakah Metodologi Penelitian yang sesuai ?? Betulkah membuat SKRIPSI itu sulit ???

No comments:

Post a Comment