7/03/2009

HOROR ATAU THRILLER??

Saya jadi penasaran, bener nggak ya kalo THE ORPHANAGE saya kategorikan sebagai HOROR? Gmana kalo film SCREAM? masuk genre HOROR ato THRILLER? Karena penasaran akhirnya minta bantuan ama mbah Google. Dan inilah hasilnya…

Kita bahas horror dulu ya? Menurut om wiki ini horror adalah sebuah film yang berupaya mendatangkan emosi ketakutan dari penonton. Plot yang disajikan biasanya berisikan kematian, supernatural dan kelainan jiwa pada tokohnya. Film horor dikenal juga dengan istilah chillers, scary movies, spookfests, dan the macabre.


Sedangkan kata Thriller diambil dari Bahasa Inggris, yang artinya “Petualangan yang mendebarkan”, itu kata om wiki lho. Biasanya pada film thriller jagoan tersebut disetting untuk berpacu dengan waktu, melakukan pekerjaan yang menantang bahaya dengan tempo cepat dan penuh aksi…. Dengan kata lain bikin jantungan. Thriller juga menggambarkan bagaimana ketakutannya tokoh yang menjadi korban dalam menghadapi musuh yang disertai peralatan dan persenjataan yang lengkap, penuh dengan rencana dan trik. Biasanya thriller tidak ditentukan dari inti perkaranya, tapi lebih dari bagaimana inti perkara tersebut dipecahkan. Belakangan ini, genre thriller semakin banyak dipengaruhi oleh tampilan-tampilan horor untuk meningkatkan ketegangan. Dan dalam perkembangannya bermunculan sub genre untuk thriller seperti Action Thriller, Conspiracy Thriller, Crime Thriller, Disaster Thriller, Drama Thriller, Eco-Thriller, Erotic Thriller, Legal Thriller dan Horror Thriller. Nah jelas khan? Mau dibedakan susulit karena sudah berbaur jadi satu….


No comments:

Post a Comment