9/10/2007

Blog Niche apaan tuh ?!

Yang udah tau dilarang keras membaca postingan ini! *hehe kidding*. Arti niche dari dictionary sebenernya adalah sebuah tempat dalam sebuah society. Menurut om wiki, niche ini artinya adalah pengurangan jumlah ukuran, fokus, spesifik. Dan masih menurut om wiki, awalnya istilah “niche” itu sendiri digunakan oleh ahli ekologi untuk mendeskripsikan letak hubungan spesies dan penggunaan sumber daya di dalam lingkungannya.

Yang jelas kalo berbicara tentang blog niche adalah sebuah blog yang dibuat dengan topik yang spesifik dan populer (bukan gado-gado dan ngga populer seperti blog saya) untuk tujuan tertentu. Contohnya begini, kalo anda mengambil topik tentang keamanan komputer, maka topik bahasan tentang virus saja yang anda pilih, maka anda sudah dikatakan mempunyai blog niche (topik:virus). Ato kalo mau ambil topik gadget dan teknologi ini merupakan topik general, maka jika memilih robotics pets sebagai topiknya maka anda sudah dikatakan mempunyai Blog Niche. Ato kalo mau ambil topik fotografi tapi anda membahas khusus pada masalah infrared saja, maka anda dikatakan sudah mempunyai blog niche (betul apa salah mas Galih?!) :-)

Untuk memahami karakteristik blog niche yang baik maka coba anda main-main ke http://www.doshdosh.com/, disitu dijelaskan banyak tips dan trik tentang meraih keuntungan dengan Blog Niche. Keuntungan?! Nah lho...itu tadi yang saya bilang dengan ‘tujuan tertentu’ (dimana salah satunya untuk meraup keuntungan).

Karakteristik blog niche yang bagus adalah (sumber : http://www.doshdosh.com/) :

1. Isi Blog yang fokus
Semua postingan dari blog niche harus fokus pada topik yang spesifik tersebut (mis:robotic pets). Masih diperbolehkan jika mengambil topik yang agak general tapi tetep berkaitan dengan topik spesifik tersebut (mis:gadget dan teknologi) tapi jangan terlalu sering. Tetep konsisten pada topik spesifik tersebut.
2. Lingkup yang sempit
Sebuah blog niche mempunyai lingkup yang sempit sehingga dapat membahas secara mendalam tentang topik spesifik tersebut.
3. Materi yang unik
Hal ini berkaitan dengan pencarian kata kunci oleh para pengunjung situs. Semakin unik materi anda, maka saat mengetikkan kata kunci pada search engine akan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda.
4. Template blog yang user friendly
Dibutuhkan template yang unik dan fleksible bagi para pengunjung.
5. Mempunyai audience
Meskipun sedikit, audience berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah blog niche. Setidaknya sebagai pembuktian bahwa blog tersebut pernah dibaca dan dikunjungi orang.

5 comments:

  1. niche atau tidak niche batasannya tergantung masing-masing orang bu. blog yang khusus fotografi saja sudah bisa dikatakan niche, tidak harus membahas infrared saja -- atau landscape saja.

    ReplyDelete
  2. ok deh kalo gitu.. B'rarti sudah siap jadi blog niche kan? Coz sebagian besar postingan anda soal fotografi..Ato kalo msh pengin posting yg selain fotografi, napa gak buat 2 blog sekalian. Satu blog gado-gado, satunya blog niche fotografi. Kan asyik tuh..

    ReplyDelete
  3. wah, kalo aku apa ya niche-nya? tentang gies ajah..bosa dikatakan niche juga gk? hihihi
    selamat berpuasa yaa

    ReplyDelete
  4. saya pernah berpikir untuk bikin lebih dari satu blog. tapi nggak siap juga untuk merawat banyak blog. satu blog saja sudah cukup menyita waktu kok. menjadi blog niche itu perlu konsistensi dan komitmen yang tinggi. kalau saya sedang jenuh, berarti blog tersebut mati juga. seperti sekarang, saya udah lama nggak hunting foto, kalau blognya niche, nggak posting dunks? :)

    ReplyDelete
  5. postingan yang bagus...
    terima kasih atas sharingnya

    ReplyDelete